Selasa, 20 April 2010

tugas RA

Nama : Ika Kurnia Oktaviani

NPM : 20207551

Kelas : 3 E B 0 5

Tugas : Riset Akuntansi ( SoftSkill )

Dosen : Istichanah

ABSTRAK

Kata Kunci : “Analisis Biaya-Volume-Laba”

Salah satu fungsi manajemen adalah merencanakan kegiatan perusahaan yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan pada masa yang akan datang. Tujuan perusahaan pada umunya adalah memperoleh laba yang optimal. Untuk mencapai laba yang optimal manajemen perlu perencanaan yang baik karena akan mempengaruhi keberhasilan perusahaan. Dalam perencanaan laba jangka pendek tersebut manajemen memerlukan informasi untuk menilai berbagai kemungkinan yang berakibat terhadap laba yang direncanakan. Laba sangat dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu harga jual, volume penjualan, dan biaya, dimana ketiganya saling berkaitan satu sama lain. Teknik yang dapat digunakan unutuk mengetahui dampak perubahan ketiga faktor diatas, manajemen dapat menggunakan analisis biaya-volume-laba yang dapat membantu manajemen dalam pengambilan keputusan dalam perencanaan laba jangka pendek. Dalam teknik analisi biaya-volue-laba terdapat para meter yang bermanfaat yaitu break even point, margin of safety, degree of operating leverage dan shut down point.

Metode penelitian yang digunakan unutuk memperoleh data dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian kepustakaan di mana berpedoman pada buku-buku yang berhubungan dengan topic dala penulisan ini dan penelitian lapangan dengan melakukan pengamatan secara langsung yang dilakukan dengan observasi atau melalui interview.

Berdasarkan data yang yang telah didapat dari perusahaan, break even point mengalami kenaikan sehingga daerah laba menjadi lebih sempit, margin of safety mengalami kenaikan dan shut down point juga mengalami kenaikan sehingga semakin kecil kemungkinan unutk mempertahankan produksinya. Sedangkan degree of operating leverage mengalami penurunan karena volume penjualan meningkat sehingga margin kontribusi dan laba bersih meningkat pula.

0 komentar:

Posting Komentar